Rabu, 25 Februari 2015

PERANGKAT PEMBELAJARAN MAPEL SKI KELAS IX MTS AL-IBROHIMI



ANALISIS HARI EFEKTIF  (AHE)





 
Satuan Pendidikan       :  Mts. AL IBROHIMI
Mata Pelajaran             :  SKI
Kelas/Semester            :  IX/ Genap
Tahun Pelajaran            :  2014/2015                                  

 










NO
HARI
BULAN
Januari
2014
Pebruari
2014
Maret
2014
April
2014
Mei
2014
Juni
2014
JML
1
SENIN
4
4
5
4
4
3
24
2
SELASA
4
4
5
4
4
3
24
3
RABU
4
4
4
5
4
3
24
4
KAMIS
4
4
4
5
3
3
23
5
JUM’AT







6
SABTU
4
4
3
4
5
2
20
7
MINGGU
4
4
5
4
5
2
24
JUMLAH
24
24
26
26
25
16
141

Keterangan:
1.      Jumlah hari efektif dalam satu semester 141 hari
2.      Jumlah Jam Mata Pelajaran SKI  adalah 2 jam pelajaran per minggu
3.      Jadwal mata pelajaran  SKI Kls IX adalah pada Hari Ahad
4.      Jumlah jam yang tersedia 24 x 2 = 48 Jam Pelajaran
5.      Jumlah KD Mata Pelajaran SKI Kls IX dalam semester 2 = 2 KD
6.      Alokasi waktu


a
Alokasi waktu yang tersedia  (48)
48
Jam Pelajaran
b
Ulangan  Harian  (2 × 8 )
16
Jam Pelajaran
c
Ulangan  Tengah  Semeser
2
Jam Pelajaran
d
Ulangan  Akhir  Semester
2
Jam Pelajaran
e
Cadangan
4
Jam Pelajaran
f
Jumlah  jam  efektif  48 – ( 16 +2+2+4)
24
Jam Pelajaran

 
 







  




Mengetahui
Guru Pamong

Mohammad Syihabuddin, S. Pd. I

Gresik, 10 Februari 2015
Calon Guru


Siti Muzasaroh
 

Mengetahui
Guru Pamong

Mohammad Syihabuddin, S. Pd. I
 





                                                                                                                                             
                                                                                                    



Mengetahui
Kepala Sekolah
                                                                        



Muhammad Nu’man, Lc. MA





PROGRAM TAHUNAN

SatuanPendidikan           : Mts AL IBROHIMI
Mata Pelajaran                 : SKI
Kelas                               : 1X/ Genap
TahunPelajaran                : 2014/2015

SMT
KOMPETENSI DASAR
AlokasiWaktu
Keterangan






2







1.1       Menceritakan seni budaya local sebagai bagian dari tradisi islam
1.2       Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan nusantara 
Ulangan Harian
UTS
UAS
Cadangan/pengayaan
12

12

16
2
2
4

Jumlah
48

                                                                                                              Gresik, 10 Februari 2015
Mengetahui,

Guru pamong                                                                                        Calon Guru
                           


Mohammad Syihabuddin, S. Pd.I                                                      Siti Muzasaroh

Mengetahui
Kepala sekolah




Muhammad Nu’man, Lc. MA
















PROGRAM SEMESTER


Satuan Pendidikan:  MTs. AL IBROHIMI                                                                                                                                                        Kelas/Semester   : IX/Genap
Mata Pelajaran        : SKI                                                                                                                                                                                   Tahun Pelajaran : 2014/2015

No

Kompetensi Dasar


Alokasi Waktu (Jam)
Bulan
Bulan
Bulan
Bulan
Bulan
Bulan























Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni






















1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5

1
1.1  Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi islam
· Menjelaskan pengertian tradisi islam nusantara







2
2

























 Ulangan Harian






2

























· Menjelaskan kesenian adat nusantara.






2

























· Menjelaskan tentang adat kesukuan nusantara







2
























Ulangan Harian








2























· Menyebutkan macam-macam kesenian adat nusantara
































Ulangan Harian
































· Menyebutkan macam-macam adat kesukuan nusantara
































Ulangan Harian
































· Mengidentifikasi kesenian adat nusantara
































Ulangan Harian
































· Mengidentifikasi adat kesukuan nusantara
































Ulangan Harian































2
1.2  Memberikan Apresiasi terhadap tradisi upacara adat kesukuan nusantara
·  Menjelaskan upacara adat kesukuan nusantara
































·  Menyebutkan upacara kesukuan nusantara
































Ulangan Harian
































·  Mengapresiasi upacara adat kesukuan nusantara
































Ulangan Harian

































* UTS

2
































* UAS

2
































*  Cadangan Pengayaan

4
































Jumlah

48































Mengatahui,                                                                                                                                                                                                                                                   Gresik, 10 Februari 2015
Guru Pamong                                                                                                                                                                                                                                                 Calon Guru

Mohammad Syihabudin, S. Pd. I                                                                                                                                                                                                                  Siti Muzasaroh

Mengetahui,
Kepala Sekolah

Muhammad Nu’man, Lc. MA

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama sekolah              : MTs. AL IBROHIMI
Mata Pelajaran           : SKI
Kelas/Semester            : IX/Genap
Standar Kompetensi : 1. Memahami sejarah tradisi nusantara


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

1.1.Menceritakan seni budaya local sebagai bagian budaya dari tradisi islam


Sejarah tradisi islam nusantara


·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab

·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil

· Mencermati cerita seni budaya local

· Membuat peta konsep tentang budaya dan tradisi islam 
· Berdiskusi tentang sejarah tradisi islam nusantara

  • Menjelaskan pengertian tradisi islam nusantara
·         Menyebutkan tradisi islam nusantara
·         Mengidentifikasi tradisi islam nusantara


Tes tulis




Penugasan




Penugasan

4 X 40

buku ski depag, LKS
ensiklopedi islam

1.2 Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan nusantara 
Sejarah tradisi adat islam nusantara
·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab
·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil
· Tanya jawab tentang Sejarah tradisi adat islam nusantara
·      Membuat pertanyaan seputar 5 W (who, when, where, what, why dan 1H (how) tentang sejarah  budaya
· Berdiskusi tentang keterkaitan upacara kepercayaan adat tradisi islam nusantara
·           Menceritakan tradisi adat kesukuan nusantara
·           Menjelaskan percampuran ajaran islam adat yang ada di nusantara
·           Menceritakan adat masyarakat islam di nusantara
·           Menceritakan adat kepercayaan yang ada di nusantara

Tes lisan




Penugasan

4 X 40

buku ski Depag
Ensiklopedi Islam
LKS

Mengatahui,                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      Gresik, 10 Februari 2015                                              
Guru pamong                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           Calon Guru


Mohammad Syihabuddin, S. Pd. I                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Siti Muzasaroh   
         Kepala Sekolah
                                                                                                              
                                                                                                                 
Muhammad Nu’man, Lc. MA





 
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
[RPP]


NAMA MADRASAH  : MTs. AL IBROHIMI
MATA PELAJARAN  : SKI
KELAS / SEMESTER : IX/genap
ALOKASI WAKTU     : 2 JAM PELAJARAN [ 1 X TM ]
PERTEMUAN KE       : 1 [satu]


Standar Kompetensi        :   Memahami sejarah tradisi islam nusantara.

Kompetansi Dasar            :    Menceritakan seni budaya local sebagai bagian budaya dari tradisi islam

Indikator Hasil Belajar    :  
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat :
v  Menjelaskan pengertian tradisi islam nusantara
v  Menyebutkan tradisi islam nusantara
v  Mengidentifikasi tradisi islam nusantara
1.      Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu :
v  Menjelaskan pengertian tradisi islam nusantara.
v  Menyebutkan tradisi islam nusantara, dan
v  Mengidentifikasi tradisi islam nusantara

2.      Meteri Ajar
Tradisi islam nusantara.
Tradisi adalah adat kebiasaan turun-temurun yang masih dijalankan dalam masyarakat. Sedang adat merupakan suatu aturan yang lazim diturut atau dilakukan sejak dahulu kala. Tradisi islam nusantara merupakan hasil akulturasi antara ajaran islam dan adat yang ada di nusantara.
Sebelum islam masuk ke nusantara, masyarakat telah mengenal berbagai macam kepercayaanyang berhubungan dengan Sang Pencipta, nenek moyang kita sudah berusaha sehingga lahirlah kepercayaan yang dikenal dengan Animisme dan dinamisme. Animisme merupakan suatu kepercayaan yang mempercayai bahwa setiap benda itu mempunyai jiwa sedangkan dinamisme merupakan suatu kepercayaan yang mempercayai bahwa suatu benda punya kekuatan ghaib. Dalam perkembangannya manusia juga merasa berhutang budi terhadap nenek moyang sehingga lahirlah kembali suatu kepercayaan untuk memuja roh nenek moyang. Hal inilah yang menyebabkan proses dakwah islam pada saat itu tidak lepas dengan adat yang sudah berlaku dalam masyarakat.
Tradisi islam nusantara sendiri merupakan suatu metode dakwah yang dilakukan oleh para ulama’ pada masa itu, para ulama’ tidak menghapus secara total adat yang sudah berlangsung di masyarakat, mereka hanya memasukkan ajaran-ajaran islam dalam adat-adat tersebut dengan harapan masyarakat tidak merasa kehilangan adat yang sudah ada serta dengan begitu ajaran islam dapat diterima.

3.      MetodePembelajaran
READING GUIDE ( Penuntun Bacaan ): Dalam beberapa kesempatan, sering terdapat kejadian bahwa materi tidak dapat diselesaikan di dalam kelas dan harus diselesaikan di luar kelas karena banyaknya materi yang harus diselesaikan. Dalam keadaan seperti ini metode ini dapat digunakan secara optimal untuk memandu siswa belajar secara mandiri sesuai dengan panduan yang diberikan pendidik.

4.      Langkah Pembelajaran

1. Eksplorasi
a.       Mengamati dan mengarahkan sikap siswa agar siap memulai pelajaran
b.      Mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa
c.       Melakukan tes penjajakan [pre-tes] dan mengidentifikasi keadaan siswa
d.      Mengingatkan pelajaran yang telah diterima dan mengaitkan pada pelajaran baru
e.       Penjelasan singkat tentang tujuan dan proses pembelajaran yang akan dijalani siswa

2. Elaborasi
1.              Tentukan materi bacaan yang akan dipelajari siswa
2.              Buat pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab siswa atau kisi-kisi dan boleh juga bagan atau skema yang dapat diisi siswa dari bahan bacaan yang telah dipilih tadi
3.              Bagikan bahan bacaan dengan pertanyaan atau kisi-kisinya kepada siswa
4.              Tugas siswa mempelajari bahan bacaan dengan menggunakan pertanyaan atau kisi-kisi yang ada.
5.              Batasi aktifitas siswa dalam mencari jawaban sehingga tidak akan memakan waktu berlebihan
6.              Berikan kesempatan beberapa orang siswa untuk menyampaikan hasil pekerjaanya
7.              Bahas pertanyaan atau kisi-kisi tersebut dengan menanyakan jawabannya kepada siswa

3.  Konfirmasi
a.       Memberikan penegasan dan menyimpulkan materi ajar yang sudah dipelajari
b.      Memberikan post tes untuk mengetahui hasil pembelajaran
c.       Memberikan tugas mandiri untuk mendalami materi ajar

5.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
a.       Lembar peraga yang berisi peta konsep sesuai materi ajar
b.      Lembar peraga yang berisi sketsa penerapan konsep sesuai materi
c.       Buku Ajar / buku paket yang diterbitkan Depag Pusat Jakarta
d.      Buku referensi sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan.
e.       Lembar Kegiatan Siswa “AL-AZHARPutra Kembar Jakarta.



Gresik,10 Februari 2015

Mengetahui
Guru Pamong



Mohammad Syihabuddin, S. Pd. I
Mengetahui,
Kepala Sekolah




Muhammad Nu’man, Lc. MA
 
             Calon Guru




          Siti Muzasaroh





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
[RPP]


NAMA MADRASAH  : MTs. AL IBROHIMI
MATA PELAJARAN  : SKI
KELAS / SEMESTER : IX/genap
ALOKASI WAKTU     : 2 JAM PELAJARAN [ 1 X TM ]
PERTEMUAN KE       : 2 [dua]

Standar Kompetensi        :   Memahami sejarah tradisi islam nusantara.     

Kompetansi Dasar            :   Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan nusantara  .
Indikator Hasil Belajar    :  
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat :
v  Menjelaskan upacara adat kesukuan nusantara
v  Menyebutkan upacara adat kesukuan nusantara
v  Mengapresiasikan tradisi upacara adat kesukuan nusantara
                       
1.      Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu :
v  Menjelaskan upacara adat kesukuan nusantara
v  Menyebutkan upacara adat kesukuan nusantara
v  Mengapresiasikan tradisi upacara adat kesukuan nusantara

2.      Meteri Ajar
Kesenian dan adat nusantara
·         Adat melayu
Kehidupan orang melayu (Riau) selalu diwarnai dengan upacar adat sebagai warisan tradisi nenek moyang mereka. Dengan masuknya agama islam dinusantara ini sedikit banyak telah memberi pengaruh terhadap pelaksanaan upacara adat tersebut. Misalnya, kelahiran anak sampai dewasa.
Anak yang baru lahir, jika laki-laki maka akan segera diadzankan pada telinga kanannya , sedangkan anak perempuan cukup diiqomahkan di telinga kirinya serta lidahnya ditetesi madu menggunakan kain. Filosofinya adalah semoga kelak ketika dewasa kata-kata yang keluar dari lisannya semanis madu.
Beberapa setelah kelahiran, diadakan acara aqiqah yang sesuai dengan ajaran islam, yakni jika anaknya laki-laki maka aqiqahnya adalah dua ekor kambing, sedangkan jika anaknya perempuan maka aqiqahnya adalah satu ekor kambing. Selain diaqiqahi juga dilakuakan pemotongan rambut untuk pertama kali sekaligus pemberian nama.
Ketika menginjak usia 3 bulan, diadakan upacara yang disebut mengayun budak. Bagi perempuan , diadakan upacara bathindik yaitu upacara melubangi telinga pada untuk dipasangi perhiasan. Memasuki usia 6 bulan ada upacara lagi yang namanya turun tanah yaitu ketika bayi sudah belajar merangkak dan berjalan.
Saat anak memasuki usia 7 tahun, maka ia akan diantarkan pada guru ngaji untuk belajar Al-Qur’an, silat dan menari zaphin. Dan juga tiba pula saatnya untuk di khitan, baik laki-laki maupun perempuan.khusus anak laki-laki, sunat atau berkhitan dilaksanakan setelah ia tamat(khatam) Al-Qur’anyang di tandai dengan upacara berkhatam ngaji. Merupakan suatu kebanggan bagi orang tua jika anak yang dikhitan sudah khatam dalam membaca Al-Qur’an, dan merupakan suatu aib jika anak yang dikhitan tersebut belum khatam membaca Al-Qur’an. Bagi orang melayu khitan merupakan suatu pertanda jika anak laki-laki tersebut telah dewasa.
·         Adat minang
Bilamana ada orang minangkabau yang tidak beragama islam maka itu adalah suatu keganjilan yang mengherankan, karena kebanyakan orang minangkabau menganut agama islam secara nominal(ajaran yang tertulis) saja, tanpa melakukan ibadahnya. Mereka boleh dikatakan tidak mengenal unsur-unsur kepercayaan lain kecuali apa yang di ajarkan islam kalau berada dalam keadaan biasa, mereka hanya percaya kepada tuhan sebagaimana yang diajarkan agama islam.walaupun demikian dalam keadaan luar biasa, banyak juga yang percaya terhadap adanya hal-hal yang tidak diajarkan islam.
Dalam masyarakat minangkabau sebagaimana yang kita lihat saat ini, hampir tidak ada upacara-upacara keagamaan yang pentingdan has.upacara-upacara yang penting bagi umum adalah sembahyang hari raya, puasa dan haji, yang dilakukan berdasarkan ajran islam. Walaupun demikian pada zaman dahulu ada upacara-upacara keagamaan yang pentingmisalnya, upacara Tabuik, upacara Khitan, upacara Khatam ngaji, upacara Menata konde, upacara Turun tanah, upacara Kekah dan upacara Memperingati orang mati.
·         Adat bugis
Negara kita terdiri atas berbagai suku bangsa, setiap suku mempunyai tradisi atau adat istiadat masing-masing. Di bugis ada tarian adat yang disebut tari pergaulan. Tarian itu dapat dimainkan oleh penari tunggal maupun kelompok. Tarian yang dilakukan secara berkelompok  biasanya dimainkan oleh sekelompok laki-laki ataupun perempuan. Jadi tidak ada kelompok laki-laki dan perempuan menjadi satu. Tarian yang dimainkan oleh ssekelompok laki-laki disebut dengan Pakarane burakne dan jika di mainkan oleh perempuan maka disebut dengan Pakarane baine. Keduanya itu menggambarkan kehalusan putra/putri bugis. Tarian pergaulan ini sering dimainkan pada acara pernikahan, khitanan, atau hajatan lainnya.
·         Adat madura
Madura memiliki beberapa kesenian adat seperti sandur. Sandur ini memiliki berbagai arti. Di madura timur, sandur berarti nyanyian ritual, meniru suara gamelan dengan mulut dan tata cara bersenandung menghibur diri. Di madura barat, khususnya di bangkalan, sandur berarti pertunjukan teater komedi yang dahulu disebut slabadan, namun belakangan populer dengan sebutan sandur madura.
Sandur dikenal sebagai teater rakyat yang seluruhnya dimainkan oleh kaum lelaki. Tema yang diangkat dalam cerita biasanya konflik rumah tangga. Sandur dipersentasikan dengan penuh kesahajaan, blak-blakan, lugas dan komedi. Sandur mirip dengan kesenian jawa, seperti ludruk, dan teater daerah.
·         Adat sunda
Masyarakat jawa barat kebanyakan menganut agama islam. Meskipun demikian, banyak pula adat yang berlaku. Sunda memiliki berbagai adat yang bernafaskan islam. Diantaranya adalah setelah kelahiran hingga menjelang dewasa.
Kelahiran bayi merupakan suatu hal yang sangat didambakan bagi setiap orang tua. Di Sunda, apabila bayi yang lahir laki-laki maka akan segera diadzankan di telinga kanan dan diiqomahkan di telinga kiri dan bagi bayi perempuan cukup di iqomahkan saja ditelinga kirinya. Dengan harapan, bayi yang baru lahir sudah mendengar kebesaran nama Allah SWT sehingga kelak menjadi anak sholeh maupun sholehah, bijaksana, pandai  dan taat menjalankan perintah agama. Kelahiran bayi di tandai dengan penyembelihan hewan aqiqah berupa kambing sebagai rasa syukur terhadap Allah SWT.
Kedewasaan seorang laki-laki di tandai dengan upacara khitanan atau sunatan. Biasanya khitanan ini dilakukan ketika anak berusia 7-8 tahun. Sebelum dikhitan anak disuruh berendam terlebih dahulu dengan tujuan agar ketiaka di khitan tidak banyak mengeluarkan darah.

3.      MetodePembelajaran
LEARNING STARTS WITH A QUESTION ( Pembelajaran Dimulai dengan Pertanyaan ): Belajar sesuatu yang baru akan lebih efektif jika siswa itu aktif dan terus bertanya ketimbang hanya menerima apa yang disampaikan oleh guru. Salah satu cara untuk membuat siswa belajar secara aktif adalah dengan membuat siswa bertanya tentang pelajaran sebelum ada penjelasan dari guru. Metode ini dapat menggugah siswa untuk mencapai kunci belajar, yaitu bertanya

4.      Langkah Pembelajaran

1.   Eksplorasi
a.       Mengamati dan mengarahkan sikap siswa agar siap memulai pelajaran
b.      Mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa
c.       Melakukan tes penjajakan [pre-tes] dan mengidentifikasi keadaan siswa
d.      Mengingatkan pelajaran yang telah diterima dan mengaitkan pada pelajaran baru
e.       Penjelasan singkat tentang tujuan dan proses pembelajaran yang akan dijalani siswa

2.  Elaborasi
a.       Pilih bahan bacaan yang sesuai kemudian bagikan kepada siswa. Dalam hal ini bacaan tidak harus difotocopi kemudian dibagi kepada siswa, akan tetapi dapat dilakukan dengan memilih satu topik atau bab tertentu dari buku teks.
b.      Usahakan bacaan itu bacaan yang memuat informasi umum atau yang tidak detail, atau bacaan yang memberi peluang untuk ditafsirkan dengan berbeda-beda dan minta siswa untuk mempelajari bacaan sendirian atau dengan teman
c.       Minta siswa untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami. Anjurkan mereka untuk memberi tanda sebanyak mungkin.
d.      Jika waktu memungkinkan, gabungkan pasangan belajar dengan pasangan yang lain, kemudian minta mereka untuk membahas poin-poin yang tidak diketahui yang telah diberi tanda
e.       Didalam pasangan atau kelompok kecil, minta siswa untuk menuliskan pertanyaan tentang materi yang telah mereka baca.
f.       Kumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang telah ditulis oleh siswa
g.      Sampaikan pembelajaran dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut
3.  Konfirmasi
a.       Memberikan penegasan dan menyimpulkan materi ajar yang sudah dipelajari
b.      Memberikan post tes untuk mengetahui hasil pembelajaran
c.       Memberikan tugas mandiri untuk mendalami materi ajar
5.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
a.       Lembar peraga yang berisi peta konsep sesuai materi ajar
b.      Lembar peraga yang berisi sketsa penerapan konsep sesuai materi
c.       Buku Ajar / buku paket yang diterbitkan Depag Pusat Jakarta
d.      Buku referensi sesuai dengan mata perlajaran yang diajarkan
e.       Lembar Kegiatan Siswa “AL-AZHARPutra Kembar Jaya.

Gresik,10 Februari 2015
Mengetahui
Guru Pamong



Mengetahui,
Kepala Sekolah




Muhammad Nu’man, Lc. MA
 
MohammadSyihabuddin,S.Pd.I



                       Calon Guru




                              Siti Muzasaroh




































Tidak ada komentar:

Posting Komentar