RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 1)
Satuan Pendidikan :
MI. Al Huda
Mata Pelajaran :
Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester :
VI / 2
Tahun Pelajaran :
2011/2012
Alikasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan ke : 1 (satu)
STANDAR KOMPETENSI
4. Mengenal sejarah Ali bin Abi
Tholib
KOMPETENSI DASAR
4.3 Meledani nilai-nilai positif
Khalifah Ali bin Abi Tholib
Nilai-nilai karakter yang diharapkan :
•
Religius
-
Demokratis
•
Jujur
-
Toleran
•
Cinta
damai -
Kreatif
•
Disiplin
-
Mandiri
•
Kerja
keras -
cinta tanah air
•
Semangat
kebangsaan -
bersahabat/komunikatif
•
Cinta
tanah air -
peduli sosial
•
Menghargai
prestasi -
peduli lingkungan
•
Bersahabat/komunikatif
- tanggung jawab
MATERI PEMBELAJARAN
Keteladanan dari Khalifah Ali bin
Abi Tholib
INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari Materi ini,
diharapkan siswa dapat :
@
Menjelaskan
silsilah Khalifah Ali bin Abu Thalib
@ Menyebutkan sifat-sifat Khalifah Ali bin Abi Tholib
@ Menyebutkan nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi
Tholib
@ Menunjukkan perilaku positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Tholib
dalam kehidupan sehari hari
@ Menjelaskan peran Ali bin Abi Thalib dalam kekhalifahan sebelumnya
METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
- Model Pembelajaran :
Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran langsung
- Metode :
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan
Eksploratif
STRATEGI PEMBELAJARAN
I. Pendahuluan
1.
Merevieu
kembali materi yang diajarkan sebelumnya
2.
Apersepsi
: mengajukan pertanyaan tentang keteladanan Khalifah Ali bin Abi Tholib
3.
Motivasi
: menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi tentang keteladanan
Khalifah Ali bin Abi Tholib
II. Kegiatan Inti
Eksplorasi
1.
Dengan
informasi dari guru, siswa diajak memahami pengertian tentang keteladanan
Khalifah Ali bin Abi Tholib
2.
Guru
menceritakan tentang keteladanan Khalifah Ali
3.
Guru
memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik,guru, lingkungandan
sumberbelajar lainnya secara tanggung jawab (responbility), berani (courage),
ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring),dan jujur (fairnes).
4.
Guru
melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Elaborasi
1.
Dengan
berdiskusi siswa diajak memahami riwayat hidup khalifah Ali bin Abi Tholib
2.
Siswa
diminta menceritakan kelahiran Ali bin Abi Thalib
3.
Siswa
diminta menceritakan masa kecil Ali bin
Abi Thalib
4.
Siswa
diminta menjelaskan peran Ali bin Abi Thalib dalam kekhalifahan sebelumnya
5.
Siswa
diminta mengerjakan soal /tugas-tugas latihan tentang riwayat hidup Khalifah
Ali bin Abi Thalib pada buku/LKS yang sudah diseiakan
Konfirmasi :
1.
Guru
bertanyajawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.
Bersama
siswa meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
III. Penutup
1.
Guru merevisi hasil pekerjaan dalam setiap kelompok dan
bersama siswa membuat kesimpulan
2.
Refleksi
hasil pembelajaran
3.
Guru
meberikan tugas rumah (PR)
4.
Guru
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
bimbingan dan konseling, serta tugas individu atao kelompok.
5.
Sebagai
Rencana Tindak Lanjut, guru menejalaskan materi pembelajaran pertemuan yang
akan datang
SUMBER PEMBELAJARAN :
@ Buku SKI kelas VI
@ Referensi lain yang relevan
@ Media/alat bantu : LKS
PENILAIAN :
1.
Tes
Tertulis (Pilihan ganda)
Instrumen terlampir…
Gresik, ….. Januari 2012
Mengatahui Guru
Mapel
Kepala Madrasah
HAMIM HAMID Drs.
Sholeh Faishol, M.Si
Lampiran :
Instrumen Penilaian (RPP-1)
LINGKARI PADA
HURUF a, b, c, atau d SEBAGAI JAWABAN YANG BENAR
1.
Silsilah
Ali bin Abi Thalib dengan Rasulullah Muhammad SAW bertemu pada … .
a.
Abdul
Mutholib c. Hasyim
b.
Abu
Tolib d. Kilab
2.
Karena
ahli dalam meberikan fatwa dan nasehat, Ali bin Abi Thalib diangkat menjadi … .
a.
Khalifah c. mufti
b.
Penasehat d. hakim
3.
Golongan
orang yang kecewa atas kebijakan Ali bin Abi Thalib disebut golongan … .
a.
Alawiyah c. Syiah
b.
Khawarij d. Murji’ah
4.
Langka
pertama yang dilakukan Ali bin Abi Thalib setelah diangkat menjadi Khalifah
adalah … .
a.
bagi-bagi
harta baitul mal c. menumpas para pemberontak
b.
mengganti
para gubernur d. mendirikan kantor Negara
5.
Dalam
perjanjian perdamaian Tahkim antara pasukan Muawiyah dan Ali terjadi di suatu
tempat :
a.
Hudaibiyah c. Syi ib
b.
Aqobah d. Daumatul Jandal
6.
Peperangan
antara pasukan Ali dengan pasukan Muawiyah disebut perang … .
a.
Siffin c. jamal
b.
Badar c. saudara
7.
Ali
bin abi Thalib mendapat gelar Karromallahu waj hahu, karena Ali
bin Abi Thalib mempunyai sifat keteladanan yang …
a.
bijaksana,
tegas, dan adil c. shaleh dan berjiwa bersih
b.
cerdas
dan pandai d. suka menolong orang lain
8.
Pemberani
merupkan salah satu sifat keteladanan Ali bin Abi Thalib, beliau dalam hal ini
diberi gelar … .
a.
babul
ilmi c. al murtadlo
b.
Imamul
masakin d. asadullah
KUCI JAWABAN :
1. A 2. C 3. B
4. B 5. D 6.
A 7.
C 8. D
SKOR :
Setiap jawaban yang benar diberi skar 1, jadi jika semua jawaban benar
maka skornya 8
Nilai : ( jumlah Skor yang diperoleh : 8 ) x 100 =
…..
Catatan Ketutasan :
Siswa dinyatakan tuntas jika memperoleh nilai minimal 75 (KKM)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar