Rabu, 10 Desember 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP - 1) Satuan Pendidikan : MI. Al Huda Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam Kelas/Semester : VI / 2 Tahun Pelajaran : 2011/2012 Alokasi Waktu : 2 x 35 menit Pertemuan ke : 1 (satu)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 1)

Satuan Pendidikan     :  MI. Al Huda
Mata Pelajaran            :  Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester           :  VI / 2
Tahun Pelajaran          :  2011/2012
Alikasi Waktu             :  2 x 35  menit
Pertemuan ke              :  1 (satu)

STANDAR KOMPETENSI           
4. Mengenal sejarah Ali bin Abi Tholib

KOMPETENSI DASAR
4.3 Meledani nilai-nilai positif Khalifah Ali bin Abi Tholib

Nilai-nilai karakter yang diharapkan :
      Religius                                              - Demokratis
      Jujur                                                   - Toleran
      Cinta damai                                        - Kreatif
      Disiplin                                               - Mandiri
      Kerja keras                                         - cinta tanah air           
      Semangat kebangsaan                        - bersahabat/komunikatif
      Cinta tanah air                                     - peduli sosial
      Menghargai prestasi                           - peduli lingkungan
      Bersahabat/komunikatif                     - tanggung jawab

MATERI PEMBELAJARAN
Keteladanan dari Khalifah Ali bin Abi Tholib

INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari Materi ini, diharapkan siswa dapat :
@ Menjelaskan silsilah Khalifah Ali bin Abu Thalib
@ Menyebutkan sifat-sifat Khalifah Ali bin Abi Tholib
@ Menyebutkan nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Tholib
@ Menunjukkan perilaku positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Tholib dalam kehidupan sehari hari
@ Menjelaskan peran Ali bin Abi Thalib dalam kekhalifahan sebelumnya

METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
- Model Pembelajaran       : Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran langsung
- Metode                           : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan  Eksploratif

STRATEGI PEMBELAJARAN

I.         Pendahuluan

1.      Merevieu kembali materi yang diajarkan sebelumnya
2.      Apersepsi : mengajukan pertanyaan tentang keteladanan Khalifah Ali bin Abi Tholib
3.      Motivasi : menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi tentang keteladanan Khalifah Ali bin Abi Tholib

II.      Kegiatan Inti

Eksplorasi      
1.      Dengan informasi dari guru, siswa diajak memahami pengertian tentang keteladanan Khalifah Ali bin Abi Tholib
2.      Guru menceritakan tentang keteladanan Khalifah Ali
3.      Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik,guru, lingkungandan sumberbelajar lainnya secara tanggung jawab (responbility), berani (courage), ketulusan (honesty), integritas (integrity), peduli (caring),dan jujur (fairnes).
4.      Guru melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran

Elaborasi
1.      Dengan berdiskusi siswa diajak memahami riwayat hidup khalifah Ali bin Abi Tholib
2.      Siswa diminta menceritakan kelahiran Ali bin Abi Thalib
3.      Siswa diminta menceritakan masa kecil Ali  bin Abi Thalib
4.      Siswa diminta menjelaskan peran Ali bin Abi Thalib dalam kekhalifahan sebelumnya
5.      Siswa diminta mengerjakan soal /tugas-tugas latihan tentang riwayat hidup Khalifah Ali bin Abi Thalib pada buku/LKS yang sudah diseiakan



Konfirmasi      :
1.    Guru bertanyajawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.    Bersama siswa meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

III.   Penutup

1.      Guru merevisi hasil pekerjaan dalam setiap kelompok dan bersama siswa membuat kesimpulan
2.      Refleksi hasil pembelajaran
3.      Guru meberikan tugas rumah (PR)
4.      Guru kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, bimbingan dan konseling, serta tugas individu atao kelompok.
5.      Sebagai Rencana Tindak Lanjut, guru menejalaskan materi pembelajaran pertemuan yang akan datang

SUMBER PEMBELAJARAN :

@ Buku SKI kelas VI
@ Referensi lain yang relevan
@ Media/alat bantu  :  LKS

PENILAIAN         :

1.      Tes Tertulis (Pilihan ganda)

Instrumen  terlampir…





                                                                                                                  Gresik, …..  Januari 2012

           Mengatahui                                                                                          Guru Mapel
               Kepala Madrasah                                                 
 




                                    HAMIM HAMID                                                Drs. Sholeh Faishol, M.Si


























Lampiran :

Instrumen Penilaian (RPP-1)

LINGKARI PADA HURUF a, b, c, atau d SEBAGAI JAWABAN YANG BENAR

1.    Silsilah Ali bin Abi Thalib dengan Rasulullah Muhammad SAW bertemu pada … .
a.       Abdul Mutholib                    c.  Hasyim
b.      Abu Tolib                              d.  Kilab
2.    Karena ahli dalam meberikan fatwa dan nasehat, Ali bin Abi Thalib diangkat menjadi … .
a.       Khalifah                                c.  mufti
b.      Penasehat                              d.  hakim
3.    Golongan orang yang kecewa atas kebijakan Ali bin Abi Thalib disebut golongan … .
a.       Alawiyah                               c.  Syiah
b.      Khawarij                               d.  Murji’ah
4.    Langka pertama yang dilakukan Ali bin Abi Thalib setelah diangkat menjadi Khalifah adalah … .
a.       bagi-bagi harta baitul mal      c.  menumpas para pemberontak
b.      mengganti para gubernur      d.  mendirikan kantor Negara
5.    Dalam perjanjian perdamaian Tahkim antara pasukan Muawiyah dan Ali terjadi di suatu tempat :
a.       Hudaibiyah                           c.  Syi ib
b.      Aqobah                                 d.  Daumatul Jandal
6.    Peperangan antara pasukan Ali dengan pasukan Muawiyah disebut perang … .
a.       Siffin                                     c.  jamal
b.      Badar                                    c.  saudara
7.    Ali bin abi Thalib mendapat gelar Karromallahu waj hahu, karena Ali bin Abi Thalib mempunyai sifat keteladanan yang …
a.       bijaksana, tegas, dan adil      c.  shaleh dan berjiwa bersih
b.      cerdas dan pandai                 d.  suka menolong orang lain
8.    Pemberani merupkan salah satu sifat keteladanan Ali bin Abi Thalib, beliau dalam hal ini diberi gelar … .
a.       babul ilmi                              c.  al murtadlo
b.      Imamul masakin                    d.  asadullah


KUCI JAWABAN :
1. A                 2.  C  3.  B    4.  B   5.  D    6. A       7.  C                  8.  D

SKOR :
Setiap jawaban yang benar diberi skar 1, jadi jika semua jawaban benar maka skornya 8

Nilai  :  ( jumlah Skor yang diperoleh : 8 ) x 100 = …..

Catatan Ketutasan :
Siswa dinyatakan tuntas jika memperoleh nilai minimal 75 (KKM)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar