Rabu, 10 Desember 2014

PERANGKAT PEMBELAJARAN


PERANGKAT PEMBELAJARAN






·    AHE/APE
·    AP SK/KD
·    PROTA
·    PROMES
·    SILABUS
·    RPP
·    KKM


Text Box: Nama Guru : SITI MUZASAROH
NIM. : 20118901010143
Mata Pelajaran : materi PAI
Kelas/Semester : VII/ GENAP
Tahun Pelajaran : 2013/2014
 













MTS NURUL IMAN NGRANDAH
TAHUN 2013/2014

ALOKASI WAKTU DAN RINCIAN PEKAN EFEKTIF



Satuan Pendidikan        :   MTS NURUL IMAN NGERANDAH
Mata Pelajaran              :   AL-QUAR’AN  HADIST
Kelas                             :   VII
Semester                        :   GENAP
Tahun Pelajaran             :   2013/2014

A.    Perhitungan Alokasi Waktu

I. Jumlah Pekan dalam semester Genap                      II. Jumlah pekan tidak efektif

No
B u l a n
Jml Pekan

No
B u l a n
Jml Pekan
01
Januari
5

01
Januari
2
02
Februari
4

02
Perbruari
-
03
Maret
4

03
Maret
-
04
April
5

04
April
1
05
Mei
4

05
Mei
2
06
Juni
3

06
Juni
1

Jumlah
25


Jumlah
6

III. Jumlah Pekan Efektif       = Jumlah pekan dalam semester - jumlah pekan tidak efektif
                                                = 25 - 6
                                                = 19 pekan

IV. Jumlah Jam Efektif           = Jumlah pekan efektif x jumlah jam perminggu
                                                = 19 x 2 jam pelajaran
                                                = 38  jam pelajaran






















ANALISIS HARI EFEKTIF  (AHE)


NO
HARI
BULAN
Januari
2014
Pebruari
2014
Maret
2014
April
2014
Mei
2014
Juni
2014
JML
1
SENIN
4
4
4
3
4
3
22
2
SELASA
3
4
3
4
3
3
20
3
RABU
4
4
3
3
4
3
21
4
KAMIS
4
4
3
3
3
2
19
5
JUM’AT







6
SABTU
3
4
4
4
5
3
24
7
MINGGU
4
4
4
4
4
3
23
JUMLAH
22
24
21
21
23
17
127

Keterangan:
1.      Jumlah hari efektif dalam satu semester  127  hari
2.      Jumlah Jam Mata Pelajaran Al Quran Hadits  adalah 2 jam pelajaran per minggu
3.      Jadwal mata pelajaran  Al Quran Hadits  Kls VII Hari Kamis
4.      Jumlah jam yang tersedia 19 x 2 = 38 Jam Pelajaran)
5.      Jumlah KD Mata Pelajaran Al Quran Hadits  Kls VII dalam semester 2 = 4 KD
6.      Alokasi waktu

B.     Distribusi Alokasi Waktu Jam Efektif

No
Jenis Kegiatan
Alokasi
Waktu

01
02
03
04
05
06

Tatap Muka Menyampaikan Materi
Ulangan Harian 4 x 1
Ulangan Tengah Semester ( UTS )
Ulangan Akhir Semester ( UAS )
Remidi
Cadangan Pengayaan


24 jam
4   jam
2   jam
2   jam
2   jam
4   jam

J u m l a h
  38 Jam

          Mengetahui                                                                     Grobogan,  03 januari 2014
          Kepala  Sekolah                                                              Guru Mata Pelajaran




   Sigit Ariyanto, S. Com, M. Pd. I                                          Siti Muzasaroh, S. Pd. I



















                                                                                                 





































PROGRAM TAHUNAN

Satuan Pendidikan          :     MTs. NURUL IMAN NGRANDAH
Mata Pelajaran                :     Al QURAN HADITS
Kelas                              :     VII
Tahun Pelajaran              :     2013/2014

SemesteII
KOMPETENSI DASAR
Alokasi Waktu
Keterangan







                                                                                                                  Grobogan, 03 januari 2014
Mengetahui Kepala                                                                                          Guru Mata Pelajaran



Sigit Ariyanto, S. Com, M. Pd. I                                                                            Siti Muzasaroh, S. Pd. I                           


PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran               :  Materi PAI SMP                                                                                                  
Kelas                              :  VII
Jumlah Jam                       :  38 Jam Pelajaran                                                                                        Semester/Tahun Pelajaran            :  genap/2013/2014


NO

KOMPETENSI DASAR
Alokasi
Waktu
( Jam )
Bulan
Bulan
Bulan
Bulan
Bulan
Bulan

Ket
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5

1
Al-Qur’an
          Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
           Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
           Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
UK- 1

8
















1























2
















2














2




















1



































































































































































































































































































                                                                               
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                Gresik,  03 januari 2014
            Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran



Sigit Ariyanto, S. Com M. Pd. I                                                     SitiMuzasaroh, S. Pd. I             









                                    





                                     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah                             : MTs. NURUL IMAN NGRANDAH
Mata Pelajaran                            : Al Quran Hadits
Kelas/Semester                            : VII/Genap
A.      Mataeri Pokok                      :  Pengertian al syamsiah dan al qomariyah
B.       Alokasi Waktu                     : 2 x 40 menit
C.       Tujuan Pembelajaran            :
Setelah mengikuti pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
3.4.1 Menjelaskan pengertian "Al" Syamsiyah,
3.4.2 Menjelaskan pengertian "Al" Qamariyah, dan
3.4.3 Menyebutkan huruf-huruf  Syamsiyah
3.4.4 Menyebutkan huruf-huruf Qamariyah dengan Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility )
D. Kompetensi Dasar
3.4 Menjelaskan arti al syamsiah dan al qomariyah.
3.4 Menyebutkan huruf-huruf syamsiah dan qomariyah

E. Indikator Pencapaian Kompetensi:
Menjelaskan arti al syamsiah dan al qomariyah.
Menyebutkan huruf-huruf syamsiah dan qomariyah

F. Materi Pembelajaran :
  • Pengertian "Al" Syamsiyah
  • Pengertian "Al" Qamariyah
  • Huruf-huruf  Syamsiyah
  • Huruf-huruf Qamariyah

Materi Kegiatan Pendahuluan :
Pengertian & Hukum
Pengertian Tajwid menurut bahasa (ethimologi) adalah: memperindah sesuatu.
Sedangkan menurut istilah, Ilmu Tajwid adalah pengetahuan tentang kaidah serta cara-cara membaca Al-Quran dengan sebaik-baiknya.

Tujuan ilmu tajwid adalah memelihara bacaan Al-Quran dari kesalahan dan perubahan serta memelihara lisan (mulut) dari kesalahan membaca.

Belajar ilmu tajwid itu hukumnya fardlu kifayah, sedang membaca Al-Quran dengan baik (sesuai dengan ilmu tajwid) itu hukumnya Fardlu ‘Ain.

Dalil Wajib Mempraktekkan Tajwid Dalam Setiap Pembacaan Al-Qur’an:
1. Dalil dari Al-Qur’an.
Firman Allah s.w.t.:

Artinya: Dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan/tartil (bertajwid)
[Q.S. Al-Muzzammil (73): 4].

Ayat ini jelas menunjukkan bahwa Allah s.w.t. memerintahkan Nabi s.a.w. untuk membaca Al-Qur’an yang diturunkan kepadanya dengan tartil, yaitu memperindah pengucapan setiap huruf-hurufnya (bertajwid).

Firman Allah s.w.t. yang lain:

Artinya: Dan Kami (Allah) telah bacakan (Al-Qur’an itu) kepada (Muhammad s.a.w.) secara tartil (bertajwid) [Q.S. Al-Furqaan (25): 32].
      2. Dalil dari As-Sunnah.

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Ummu Salamah r.a. (istri Nabi s.a.w.), ketika beliau ditanya tentang bagaiman bacaan dan sholat Rasulullah s.a.w., maka beliau menjawab:

Artinya: "Ketahuilah bahwa Baginda s.a.w. sholat kemudian tidur yang lamanya sama seperti ketika beliau sholat tadi, kemudian Baginda kembali sholat yang lamanya sama seperti ketika beliau tidur tadi, kemudian tidur lagi yang lamanya sama seperti ketika beliau sholat tadi hingga menjelang shubuh. Kemudian dia (Ummu Salamah) mencontohkan cara bacaan Rasulullah s.a.w. dengan menunjukkan (satu) bacaan yang menjelaskan (ucapan) huruf-hurufnya satu persatu." (Hadits 2847 Jamik At-Tirmizi)

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abdullah Ibnu ‘Amr, Rasulullah s.a.w. bersabda:

Artinya: "Ambillah bacaan Al-Qur’an dari empat orang, yaitu: Abdullah Ibnu Mas’ud, Salim, Mu’az bin Jabal dan Ubai bin Ka’ad." (Hadits ke 4615 dari Sahih Al-Bukhari).
3. Dalil dari Ijma' Ulama.

Telah sepakat para ulama sepanjang zaman sejak dari zaman Rasulullah s.a.w. sampai dengan sekarang dalam menyatakan bahwa membaca Al-Qur’an secara bertajwid adalah suatu yang fardhu dan wajib. Pengarang kitab Nihayah menyatakan: "Sesungguhnya telah ijma’ (sepakat) semua imam dari kalangan ulama yang dipercaya bahwa tajwid adalah suatu hal yang wajib sejak zaman Nabi s.a.w. sampai dengan sekarang dan tiada seorangpun yang mempertikaikan kewajiban ini."
Tingkatan Bacaan
Terdapat 4 tingkatan atau mertabat bacaan Al Quran yaitu bacaan dari segi cepat atau perlahan:
  1. At-Tahqiq:
    Bacaannya seperti tartil cuma lebih lambat dan perlahan, seperti membetulkan bacaan huruf dari makhrajnya, menepatkan kadar bacaan mad dan dengung.

    Tingkatan bacaan tahqiq ini biasanya bagi mereka yang baru belajar membaca Al Quran supaya dapat melatih lidah menyebut huruf dan sifat huruf dengan tepat dan betul.
  2. Al-Hadar:
    Bacaan yang cepat serta memelihara hukum-hukum bacaan tajwid. Tingkatan bacaan hadar ini biasanya bagi mereka yang telah menghafal Al Quran, supaya mereka dapat mengulang bacaannya dalam waktu yang singkat.
  3. At-Tadwir:
    Bacaan yang pertengahan antara tingkatan bacaan tartil dan hadar, serta memelihara hukum-hukum tajwid.
  4. At-Tartil
    Bacaannya perlahan-lahan, tenang dan melafazkan setiap huruf dari makhrajnya secara tepat serta menurut hukum-hukum bacaan tajwid dengan sempurna, merenungkan maknanya, hukum dan pengajaran dari ayat.

    Tingkatan bacaan tartil ini biasanya bagi mereka yang sudah mengenal makhraj-makhraj huruf, sifat-sifat huruf dan hukum-hukum tajwid. Tingkatan bacaan ini adalah lebih baik dan lebih diutamakan.
Tanda Tanda Baris
  1. Baris di atas (Fathah)
    Memberikan bunyi vokal 'a', contoh: (ba)
  2. Baris di bawah (Kasrah)
    Memberikan bunyi vocal 'i', contoh: (bi)
  3. Baris di hadapan (Dhammah)
    Memberikan bunyi vokal 'u', contoh: (bu)
  4. Tanda mati (Sukun)
    Tanda sukun di atas sebuah huruf berarti huruf itu mati, contoh: (ab)
  5. Baris dua di atas (Fathatain)
    Memberikan bunyi 'an', contoh: (ban).
  6. Baris dua di bawah (Kasratain)
    Memberikan bunyi 'in', contoh: (bin).
  7. Baris dua di hadapan (Dhammatain)
    Memberikan bunyi 'un', contoh: (bun).
  8. Sabdu di atas (Syaddah Fathah)
    Contoh: (abba).
  9. Sabdu di bawah (Syaddah Kasrah)
    Contoh: (abbi).
  10. Sabdu di hadapan (Syaddah Dhammah)
    Contoh: (abbu).
  11. Sabdu dua di atas (Syaddah Fathatain)
    Contoh: (abban).
  12. Sabdu dua di bawah (Syaddah Kasratain)
    Contoh: (abbin).
  13. Sabdu dua di hadapan (Syaddah Dhammatain)
    Contoh: (abbun).
  14. Fathah-alif dibaca panjang 2 harakat (hitungan)
    Contoh: (baa).
  15. Kasrah-alif dibaca panjang 2 harakat (hitungan)
    Contoh: (bii).
  16. Dhammah terbalik dibaca panjang 2 harakat (hitungan)
    Contoh: (buu).
  17. Maddah dibaca panjang antara 3 sampai dengan 4 harakat (hitungan)
    Contoh: (baaa) .

Materi Kegiatan Inti :

Hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah

Pengertian Al syamsiyah
  1. Al” Syamsiyah adalah “Al” atau alif lam yang dirangkai dengan kata benda (isim) yang diawali dengan salah satu dari huruf-huruf syamsiyah. Syamsiah artinya seperti matahari
  2. Jumlah huruf syamsiyah ada 14 huruf, yaitu huruf-huruf hijaiyah selain huruf-huruf qamariyah (seperti di bawah), yakni ط ث ص ر ت ض ذ ن د س ظ ز ش ل.
  3. Cara membaca “Al” Syamsiyah adalah dengan memasukkan (mengidghamkan) “Al” (lam sukun) ke huruf-huruf syamsiyah sehingga bacaan lam sukunnya hilang dan lebur ke dalam huruf syamsiyah yang mengikutinya. Karena membacanya dengan diidghamkan, maka hukum bacaan “Al” Syamsiyah sering juga disebut dengan Idgham Syamsiyah ( إِدْغَامْ شَمْسِيَّةْ )
-contoh bacaan
 No.
Tertulis
Dibaca
Keterangan
 1.
اَلطَّآمَّةُ
اَطْ طَاآمَّةُ
اَلْ

ط
 2.
اَلثَّاقِبُ
اَثْ ثَاقِبُ
اَلْ

ث
 3.
اَلصَّبُوْرُ
اَصْ صَبُوْرُ
اَلْ

ص
 4.
اَلرَّحِيْمُ
اَرْ رَحِيْمُ
اَلْ

ر
 5.
اَلتَّوَّابُ
اَتْ تَوَّابُ
اَلْ

ت
 6.
اَلضُّحىٰ
اَضْ ضُحىٰ
اَلْ

ض
 7.
اَلذِّكْرُ
اَذْ ذِكْرُ
اَلْ

ذ
 8.
اَلنَّعِيْمُ
اَنْ نَعِيْمُ
اَلْ

ن
 9.
اَلدَّاعِىْ
اَدْ دَاعِىْ
اَلْ

د
10.
اَلسَّمِيْعُ
اَسْ سَمِيْعُ
اَلْ

س
11.
اَلظِّلُّ
اَظْ ظِلُّ
اَلْ

ظ
12.
اَلزُّوْرُ
اَزْ زُوْرُ
اَلْ

ز
13.
اَلشَّكُوْرُ
اَشْ شَكُوْرُ
اَلْ

ش
14.
اَللَّيْلُ
اَلْ لَيْلُ
اَلْ

ل

Pengertian Al Qamariyah
1.      Al” Qamariyah adalah “Al” yang dirangkai  dengan kata benda (isim) yang diawali dengan salah satu dari huruf-huruf qamariyah. Qamariyah artinya seperti Bulan
  1. Jumlah huruf qamariyah ada 14 huruf, seperti terangkum dalam rangkaian huruf atau kalimat: yaitu huruf-huruf ( ا ب غ ح ج ك و خ ف ع ق ي م ه ).
  2. Cara membaca “Al” Qamariyah harus jelas (izhhar), yakni tetap kelihatan bacan lam sukunnya. Karena itulah hukum bacaan “Al” Qamariyah sering disebut dengan Izhhar Qamariyah (إِظْهَارْ قَمَرِيَّةْ).
Contoh-contoh bacaan
“Al” Qamariyah .
No.
Tertulis
Dibaca
Keterangan
 1.
اَْلاَحَدُ
اَلْ اَحَدُ
اَلْ

أ
 2.
اَْلبَصِيْرُ
اَلْ بَصِيْرُ
اَلْ

ب
 3.
اَْلغَفُوْرُ
اَلْ غَفُوْرُ
اَلْ

غ
 4.
اَْلحَلِيْمُ
اَلْ حَلِيْمُ
اَلْ

ح
 5.
اَْلجَحِيْمُ
اَلْ جَحِيْمُ
اَلْ

ج
 6.
اَْلكَرِيْمُ
اَلْ كَرِيْمُ
اَلْ

ك
 7.
اَْلوَدُوْدُ
اَلْ وَدُوْدُ
اَلْ

و
 8.
اَْلخَبِيْرُ
اَلْ خَبِيْرُ
اَلْ

خ
 9.
اَْلفَتَّاحُ
اَلْ فَتَّاحُ
اَلْ

ف
10.
اَْلعَلِيْمُ
اَلْ عَلِيْمُ
اَلْ

ع
11.
اَْلقَدِيْرُ
اَلْ قَدِيْرُ
اَلْ

ق
12.
اَْليَوْمُ
اَلْ يَوْمُ
اَلْ

ي
13.
اَْلمُؤْمِنُ
اَلْ مُؤْمِنُ
اَلْ

م
14.
اَْلهَادِىْ
اَلْ هَادِىْ
اَلْ

ه

Perbedaan Alif Lam Syamsiah dan Alif Lam Qomariah
 No
 Alif Lam Syamsiah
 Alif Lam Qomariyah
1
Pada alif Lam syamsiah terdapat tanda tasyidَّ
Pada alif lam Qomariyah terdapat tanda sukun / mati ْ
     2.
Huruf اَلْ pada Alif lam Syamsiah tdk dibaca al melainkan lebur kedalam huruf didepanya
Huruf l اَلْ pada Al Qomariyah dibaca al  ( jelas al nya )
3.
Didepan Huruf اَلْ terdapat huruf syamsiah
Didepan Huruf اَلْ terdapat huruf al qomariyah
       4.
 Hurufnya ada 14 yaitu ط ث ص ر ت ض ذ ن د س ظ ز ش ل
 Hurufnya ada 14 yaitu ا ب غ ح ج ك و خ ف ع ق ي م ه


D.      Metode Pembelajaran
1.      Tanya Jawab
2.      Diskusi
3.      Ceramah
E.       Media Pembelajaran
·           Power Point
·           Index Card
F.        Sumber Belajar
·      Buku Al Quran Hadits
·      LKS
G.      Langkah-langkah
 No.
Kegiatan
Waktu
1
Pendahuluan
1.    Guru mengucapkan salam dan memriksa kehadiran siswa
2.    Guru meminta siswa secara bersama-sama membaca doa dengan bacaan Basmalah
3.    Guru menyampaikan tujuan Pembelajaran
4.    Guru mengaitkan materi sebelumnya
5
2
Kegiatan inti
a. Mengamati
1. Peserta didik diminta membaca buku mata pelajaran Al Quran Hadits halaman 71 – 74
2. Peserta didik menyampaikan hasil pengamatnya melalui membaca buku teks
b. Menanya
1. Melalui pemberian motivasi dari guru peserta didik diminta bertanya terkait dengan hasil pengamatannya memalui membaca buku teks.
2. Peserta didik yang lain menanggapi pertanyaan temannya.
c. Mengesplorasi
1. Mengemukakan hasil pengamatan melalui membaca buku teks tentang Al qomariyah dan al syamsiah
2. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil (6 kelompok) dan diberikan tugas untuk berdiskusi tentang Al qomariyah dan al syamsiah.
3. Dari 6 kelompok digabungkan sehingga menjdi 3 kelompok dan diberikan tugas untuk berdiskusi tentang kesimpulan akhir materi pembelajaran.
d. Assosiasi
Dari hasil diskusi kelompok tentang Al qomariyah dan al syamsiah peserta didik diminta untuk mengaplikasikannya dalam alquran
e. Komunikasi
1. Menyampaikan hasil diskusi tentang tentang Materi Pembelajaran hari ini
2. Secara kelompok menanggapi hasil presentasi kelompok yang lain.
70
3
Penutup
1.      Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran dengan dibantu guru
2.      Mengadakan evaluasi
3.      Menyampaikan kegiatan tindak lanjut
4.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
5
H.      Penilaian dan hasil belajar
Jenis penilaian Tes dan Non Tes
Bentuk Penilaian Tes : Soal Essay terlampir)
Bentuk Penilaian non Tes : Penilain sikap
Rubrik penilaian sikap
No
Nama Siswa
Aspek
Keterangan
1
2
3
4
5
1







2







3







Keterangan aspek :
1.      Keaktifan
2.      Kerjasama
3.      Keberanian berpendapat
4.      Keterbukaan terhadap pendapat orang lain
5.      Sikap tanggungjawab
Kriteria Nilai :
A = 80 – 100          : Baik sekali
B = 70 – 79            : Baik
C = 60 – 69            : Cukup
D > 60                    : Kurang
Skor Penilaian
              Skor Penilaian
Nilai =  ---------------------- x 100
               Skor maksimal
                                      
Lampiran 1
Penilain Tes : Soal Esey
Isilah kalimat di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Apa yg membedakan antara alif Lam syamsiah dan alif lam Qomariyah.......
2. Sebutkan huruf huruf al qomariyah.........
3. Sebutkan huruf huruf al syamsiah............



                                                                                                              Grobogan, 03 Januari 2014
                    Mengetahui                                                                       Guru Mata Pelajaran
                    Kepala Sekolah


                    Sigit Ariyanto,S. Com M. Pd. I                                                  Siti Muzasaroh, S. Pd. I
                    NIP.                                                                                  NIP.






PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Mata Pelajaran            :   Al Quran Hadist
 Kelas                          :   VII
Semester                      :   GENAP
Tahun Pelajaran           :   2013/2014


11.1 Menjelaskan arti kerja keras, tekun,    ulet, dan teliti.
a)      Menjelaskan arti kerja keras  dan menunjukkan dalilnya.
b)      Menjelaskan arti tekun dan   menunjukkan dalilnya
c)      Menjelaskan arti ulet dan menunjukkan dalilnya.
d)     Menjelaskan arti teliti dan menunjukkan dalilnya

11.2 Menampilkan contoh  perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.
a)      Menyebutkan contoh-contoh perilaku kerja keras.
b)      Menyebutkan contoh- contoh perilaku tekun.
c)      Menyebutkan contoh-contoh perilaku ulet.
d)     Menyebutkan contoh-contoh perilaku teliti.

11.3 Membiasakan perilaku            kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.
a)      Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan keluarga
b)      Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan sekolah
c)      Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan masyarakat




rendah
3
rendah
3
sedang
2
sedang
2




rendah
3
rendah
3
sedang
2
sedang
2




rendah
3

sedang
2

sedang
2















Sedang
2
Sedang
2
Sedang
2
Sedang
2




Tinggi
3
Tinggi
3
Tinggi
3
Tinggi
3




Tinggi
3

Tinggi
3

Tinggi
3














sedang
2
sedang
2
sedang
2
sedang
2




sedang
2
sedang
2
sedang
2
sedang
2




sedang
2

sedang
2

sedang
2





















72

77,77

77,77

66,66

66,66



83

88,88

88,88

77,77

77,77




81

88,88


77,77


77,77






































Rata-rata










Mengetahui,                                                                      Gresik,..........................
                                                                                                                                                    Kepala Madrasah                                                                         Guru Mata Pelajaran




Sigit Ariyanto, S. Com, M. Pd. I                                                             Siti Muzasaroh, S. Pd. I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar