Sabtu, 19 Juli 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMA  Nu Grobogan
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester
:
XI
Standar Kompetensi
:
 Membiasakan berperilaku terpuji
Kompetensi Dasar
:
1.      menjelaskan pengertian taubat dan roja’
2.      Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat an roja’
3.      Membiasakan perilaku bertaubat dan roja’ dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu           
:
6 X  45 menit ( 3 x  pertemuan)

Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membiasakan perilaku taubat dan roja’ alam kehiupan sehari-hari.
Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Jujur ( fairnes )
Rendah diri (tawadhu’)
Ikhlas

Materi Pembelajaran   
  • Taubat
  • Roja’

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • Diskusi

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi.
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru menyajikan ayat-ayat pilihan yang mengarah pada taubat dan roja’
2).  Elaborasi
·         Siswa berlatih memahami ayat-ayat tersebut dalam kelompokmasing-masing  i sertai dengan bimbingan.
3) Konfirmasi
·         Guru bertindak sebagai fasilitator.

                                                                                                                      

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?

Sumber Belajar           
·        LKS Modul PAI
·        Mushaf Al-Qur’an



Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Memahami pengertian taubat dan roja’
§  Menyebutkan syarat-syarat taubat dan hal-hal penting yang berkenaan dengan di terimanya taubat
§  Menyebutkan macam -macam taubat
§  Menyebutkan hikmah bertaubat
§  Menyebutkan indikasi dari sifat roja’
Tes unjuk kerja

Tes identifikasi

§  Apa pengertian taubat dan roja’ ?
§  Sebutkan syarat-syarat taubat!
§  Sebutkan dalil-dalil yang berkenaan dengan taubat dan roja’!
§  Sebutkan macam-macam taubat!
§  Sebutkan hikmah-hikmah bertaubat!
§  Sebutkan indikasi dari sifat roja’!

Rubrik/Pedoman penilaian:
Aspek yg dinilai
Indikator kemampuan
Nilai
·  Kelancaran
·  Kemampuan menjawab pertanyaan guru
·  Kemampuan menjawab soal tes tertulis
·  Membaca dengan lancar ayat-ayat al qur’an yang berkenaan dengan taubat dan raja’
·  Tidak melakukan kesalahan dalam membaca ayat-ayat tersebut
·  Tidak melakukan kesalahan dalam menjawab pertanyaan
100
·  Salah satu dalam menjawab pertanyaan
80
·  Salah dua dalam menjawab  pertanyaan
60
·  Salah 3-5 dalam menjawab pertanyaan
40

Lembar Instrumen Penilaian
No
Nama
Soal/Portofolio
Skor


























Mengetahui,
Kepala SMA Nu Grobogan


H.jumali, M.Pdi
NIP :195811251979031003

grobogan,12 Juli  20 14
Guru Mapel PAI


Siti Muzasaroh


Saran Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................



Tidak ada komentar:

Posting Komentar