RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMA Nu
Grobogan
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
XI
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Membiasakan berperilaku terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.
menjelaskan pengertian taubat
dan roja’
2.
Menampilkan contoh-contoh
perilaku taubat an roja’
3.
Membiasakan perilaku bertaubat
dan roja’ dalam kehidupan sehari-hari
|
Alokasi Waktu
|
:
|
6 X
45 menit ( 3 x pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat membiasakan perilaku taubat dan roja’ alam kehiupan sehari-hari.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Jujur ( fairnes
)
Rendah
diri (tawadhu’)
Ikhlas
Materi
Pembelajaran
- Taubat
- Roja’
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- Diskusi
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·
Guru
menyajikan ayat-ayat pilihan yang mengarah pada taubat dan roja’
2).
Elaborasi
·
Siswa
berlatih memahami ayat-ayat tersebut dalam kelompokmasing-masing i sertai dengan bimbingan.
3) Konfirmasi
·
Guru
bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
·
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber
Belajar
·
LKS Modul
PAI
·
Mushaf
Al-Qur’an
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Memahami
pengertian taubat dan roja’
§
Menyebutkan
syarat-syarat taubat dan hal-hal penting yang berkenaan dengan di terimanya
taubat
§
Menyebutkan
macam -macam taubat
§
Menyebutkan
hikmah bertaubat
§
Menyebutkan
indikasi dari sifat roja’
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
§
Apa
pengertian taubat dan roja’ ?
§
Sebutkan
syarat-syarat taubat!
§
Sebutkan
dalil-dalil yang berkenaan dengan taubat dan roja’!
§
Sebutkan
macam-macam taubat!
§
Sebutkan
hikmah-hikmah bertaubat!
§
Sebutkan
indikasi dari sifat roja’!
|
Rubrik/Pedoman
penilaian:
Aspek yg dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
·
Kelancaran
·
Kemampuan
menjawab pertanyaan guru
·
Kemampuan
menjawab soal tes tertulis
|
· Membaca dengan lancar
ayat-ayat al qur’an yang berkenaan dengan taubat dan raja’
· Tidak melakukan
kesalahan dalam membaca ayat-ayat tersebut
· Tidak melakukan
kesalahan dalam menjawab pertanyaan
|
100
|
· Salah satu dalam
menjawab pertanyaan
|
80
|
|
· Salah dua dalam
menjawab pertanyaan
|
60
|
|
· Salah 3-5 dalam
menjawab pertanyaan
|
40
|
Lembar
Instrumen Penilaian
No
|
Nama
|
Soal/Portofolio
|
Skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA Nu Grobogan
H.jumali, M.Pdi
NIP :195811251979031003
|
|
grobogan,12 Juli 20 14
Guru Mapel PAI
Siti Muzasaroh
|
Saran
Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar